tanda robeknya selaput dara wanitaTanda Robeknya Selaput Dara Wanita

Tanda robeknya selaput dara wanita dan kenapa bisa terjadi robekan karena selaput tipis, yang pada perawan ditemukan di ujung bawah vagina. Mari kita melihat masalah selaput dara yang paling umum.

Saat seorang wanita mulai melakukan hubungan intim, ujung penis umumnya menerobos operasi selaput dara wanita. Hal ini sering menyebabkan pendarahan ringan. Namun, satu penelitian menunjukkan bahwa hanya 43 persen wanita yang mengalami perdarahan saat mereka kehilangan keperawanan mereka.

Selaput dara juga bisa robek dengan sering melakukan masturbasi (terutama dengan dildo atau vibrator) dan penggunaan tampon. Secara tradisional, beberapa dokter telah mengklaim bahwa berikut kegiatan yang dapat menyebabkan robeknya selaput dara seperti olahraga terutama dengan menunggang kuda atau bersepeda.

Tapi kebenaran keyakinan itu tidak pasti. Pada wanita, ada jaringan yang disebut selaput dara, yang menghalangi masuknya penis ke vagina.

Ini adalah sesuatu yang hadir di semua wanita secara alami. Selama tindakan seksual pertama untuk wanita, atau saat wanita kehilangan keperawanannya, jaringan ini pecah karena adanya penyisipan benda asing. Tanda robeknya selaput dara wanita terkadang mengeluarkan darah pada ruptur atau robek selaput dara.

Meskipun hal ini dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan dan rasa sakit ringan pada wanita, jarang sekali menjadi perhatian setelah pertama kali berhubungan seks. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa pendarahan akan sedikit, mungkin terbatas pada beberapa tetes.

Bukannya ini akan membuat wanita berdarah berlebihan. Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak selalu selaput dara pecah dan berdarah. Ada aktivitas tertentu yang diketahui bisa merusak atau menghancurkan selaput dara selain melakukan hubungan seks.

Ini biasanya termasuk berkuda atau bersepeda atau berenang berlebihan serta memakai tampon selama periode menstruasi. Seperti yang diyakini pada beberapa budaya kuno, perdarahan saat bersenggama tidak dianggap sebagai tanda keperawanan lagi, dan itu juga tidak boleh dianggap tanda robeknya selaput dara wanita.

Hal ini juga baik untuk mengetahui bahwa jika perawatan klinik pandawa yang tepat tidak mudah membuat wanita merasa nyaman dan ada rangsangan seksual yang sesuai, maka mungkin tidak dalam rasa sakit apa pun, dan kemungkinan semua bahkan mungkin tidak berdarah. Sejumlah kelembutan dibutuhkan untuk membuatnya merasa nyaman, dan sebaiknya dilakukan dengan benar.

Struktur Selaput Dara Wanita

Jika Anda menganggap vagina sebagai terowongan memang begitu, bayangkan saja seseorang telah memasang selembar kertas di pintu masuk terowongan, sehingga sebagian besar tertutup.

Seperti itulah operasi hymenoplasty, Kebanyakan wanita tidak pernah melihat hymens mereka sendiri, namun sebenarnya membrannya hampir terlihat jika Anda memakaikan bibir vulva (labia) dan memegang cermin beberapa inci jauhnya.

Selaput dara berwarna merah muda, dan seringkali berbentuk seperti bulan sabit, meski banyak bentuk lainnya terlihat. Hampir semua wanita muda ada celah besar di selaput. Dengan kata lain, itu tidak menghalangi vagina sepenuhnya.

Ini penting mengenai tanda robeknya selaput dara wanita, karena lubang di selaput dara memungkinkan darah menstruasi masuk saat gadis itu mulai menstruasi. Beberapa wanita muda tidak ada celah di selaput dara, dan ini menyebabkan masalah nyata saat pubertas tiba.

Apa yang biasanya terjadi pada kasus ‘selaput dara imperforata’ ini adalah bahwa gadis itu memiliki gejala menstruasi bulanan, seperti sakit perut dan merasa kembung, tapi tidak ada perdarahan. Di dalam dirinya, volume darah menstruasi meningkat secara bertahap selama beberapa bulan.

Ini mengisi vagina dan kemudian rahim dan mungkin tabung Fallopi juga. Ini adalah kondisi yang disebut haematocolpos. Begitu seseorang telah membuat diagnosis, pengobatan haematocolpos cukup mudah.

Seorang ginekolog mengakui wanita muda itu ke rumah sakit dan memotong selaput dara untuk membiarkan semua darah keluar. Sisa selaput dara wanita kemudian dipotong. Setelah operasi ini dilakukan, pasien akan memiliki periode normal. Nantinya, dia harus bisa menikmati seks dan memiliki bayi.

Dulu diklaim bahwa banyak wanita muda memiliki ‘hymen tangguh’ dan ini membuat hubungan seksual menjadi sulit atau tidak mungkin terjadinya tanda robeknya selaput dara wanita.

Beberapa dari mereka menjalani operasi, di mana seorang dokter memotong atau mengeluarkan hymens mereka. Alasan mengapa seks itu sulit atau menyakitkan adalah bahwa pasien mengalami vaginismus, kondisi psikologis yang umum di mana otot-ototnya kencang setiap kali ada pendekatan yang dilakukan pada vagina.

Petugas kesehatan keluarga berencana dapat menyembuhkan sebagian besar remaja putri dengan memberi mereka teknik relaksasi khusus. Karena itu, memang benar bahwa dalam beberapa kasus tanda robeknya selaput dara wanita, selaput dara benar-benar agak sulit, dan ini menimbulkan masalah dengan hubungan seksual.