kutil kelamin pada wanitaPenyebab Gejala Komplikasi Kutil Kelamin Pada Wanita

Kutil kelamin pada wanita adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) ataupun penyakit kelamin, dimana pada umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual yang dilakukan dengan banyak pasangan seks tanpa menggunakan pengaman ataupun kondom.

Dan ternyata penyakit kutil kelamin tidak hanya dialami oleh kaum wanita saja karena nyatanya diluar sana banyak pria yang terinfeksi kutil, sehingga bisa dikatakan juga baik pria maupun wanita yang sudah aktif berhubungan seksual dengan banyak pasangan bisa berisiko untuk terinfeksi.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa walaupun seseorang  sudah menggunakan kondom akan tetapi mereka masih bisa terinfeksi kutil kelamin, karena kutil kelamin tidak hanya tumbuh pada alat kelamin,

Karena kutil kelamin bisa tumbuh maupun berkembang di tempat-tempat seperti anus, skrotum, atau vulva, dan kondom hanya menutupi area kelamin saja akan tetapi kutil kelamin bisa terdapat di area yang tidak tertutup oleh kondom.

Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar kasus kutil kelamin pada wanita maupun pria disebabkan oleh adanya virus yang bernama human papillomavirus (HPV) dan ada 30 hingga 40 jenis (strain) HPV yang secara khusus bisa mempengaruhi alat kelamin, tetapi hanya beberapa dari strain ini yang menyebabkan kutil kelamin.

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit kutil kelamin ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin dan ketika kontak kulit ke kulit virus HPV dapat sangat mudah menyebar.

Dan menurut penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang Kami kutip dari situs Healthline mengatakan, bahwa kebanyakan orang yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan kemungkinan besar suatu waktu bisa terinfeksi kutil kelamin.

Namun, virus tersebut tidak selalu mengarah pada komplikasi seperti kutil kelamin dan bahkan dalam banyak kasus virus HPV mungkin bisa hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah kesehatan, lalu apakah virus kutil kelamin bisa menyebabkan kutil di tangan?

Ternyata virus HPV yang menjadi penyebab kutil kelamin berbeda jenis dengan virus HPV yang menyebabkan kutil pada tangan atau bagian tubuh lainnya dan penting untuk diingat bahwa kutil kelamin tidak dapat menyebar dari tangan seseorang ke alat kelamin, dan sebaliknya.

Gejala-Gejala Kutil Kelamin Pada Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya gejala awal kutil kelamin akan tampak seperti benjolan berwarna kulit seperti kembang kol yang akan muncul di bagian vulva, vagina, leher rahim, penis, skrotum, atau anus

Seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin kemungkinan dapat mengalami ciri-ciri kutil kelamin dan memiliki satu kutil atau beberapa kutil kelamin, dan bentuk kutil bisa besar atau kecil yang dibarengi dengan gejala lain seperti terasa gatal, membengkak pada buah zakar, sakit saat berkemih, vagina membengkak dll.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil, karena ada infeksi lain dan kondisi kulit normal yang mungkin terlihat seperti kutil tetapi merupakan hal lain, jadi jika misalkan Anda ragu hal tersebut apakah kutil kelamin pada wanita maupun bukan maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter spesialis penyakit kelamin.

Setelah Kontak Seksual, Kapan Kutil Kelamin Pada Wanita Bisa Tumbuh?

Ternyata pertumbuhan kutil kelamin kemungkinan besar bisa memakan waktu lama selama, beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah seseorang melakukan kontak seksual dengan orang lain yang memiliki kutil kelamin.

Itulah mengapa sangat sulit untuk mengetahui kapan seseorang bisa mendapat infeksi HPV yang menyebabkan mereka terinfeksi, atau yang memberikannya kepada Anda, selain itu seseorang bisa terinfeksi tanpa memiliki gejala apa pun.

Namun, pada beberapa orang hanya mendapatkan kutil kelamin satu kali, dan kemudian tidak pernah mendapatkannya lagi dan pada beberapa orang memiliki kutil berkembang lebih dari satu kali atau berulang.

Jika Anda memiliki kutil kelamin, maka Anda mungkin berpikir penyakit ini ditularkan oleh pasangan Anda dan hal tersebut belum tentu benar, karena terkadang diperlukan waktu yang sangat lama agar kutil muncul.

Jadi mungkin Anda atau pasangan Anda mungkin telah memilikinya sejak lama atau Anda terinfeksi oleh orang lain, karena terkadang virus hidup berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun di tubuh sebelum berubah menjadi kutil kelamin.

Komplikasi Kutil Kelamin Pada Wanita

Tahukah Anda bahwa ternyata penyakit kutil kelamin pada wanita yang tidak segera mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat dapat menjadi komplikasi yang dapat menjadi ancaman bagi hidup Anda dan komplikasi kutil kelamin dapat bervariasi dari ringan hingga sangat memprihatinkan.

Sebagai contoh jika kutil kelamin pada wanita tumbuh dan berkembang selama kehamilan hal ini dapat mengganggu kehamilan, dan komplikasi lainnya adalah bisa menyebabkan kanker serviks yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani tepat waktu.

Dan ada beberapa kasus yang jarang terjadi di mana ibu-ibu telah meninggal di HPV yang menyebabkan kutil pada bayi yang belum lahir, tetapi bayi biasanya mampu mengatasi gejala pada dirinya sendiri atau melalui intervensi awal medis yang dibantu oleh dokter.

Jika seorang wanita telah memiliki kutil kelamin yang segera mengetahui cara mengobati kutil kelamin maka mungkin tidak akan ada masalah lebih lanjut dalam kehamilan dengan kutil.

Namun, hormon yang dibuat pada kehamilan dapat mengaktifkan virus HPV lagi dan wanita hamil bahkan mungkin melihat peningkatan pertumbuhan kutil kelamin yang baru sehingga menyebabkan pertumbuhan yang semakin besar sehingga dapat menyebabkan masalah wanita hamil.

Dan ketika kutil kelamin pada wanita tumbuh maka ketika dia buang air kecil kutil dapat menurunkan elastisitas jaringan di vagina yang sebenarnya perlu meregang dalam proses persalinan.

Sehingga satu-satunya cara yang benar-benar aman untuk tidak membiarkan komplikasi ini mempengaruhi Anda adalah memastikan Anda memiliki kunjungan rutin ke dokter spesialis penyakit kelamin untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan kutil kelamin.