Kutil Kelamin Pada Pria Yang Perlu Diwaspadai

kutil kelamin pada priaKutil kelamin pada pria merupakan penyakit menular, munculnya daging di daerah genital atau dubur, merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum.

Kutil kelamin atau condylomata acuminata  disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), dan ini adalah gejala HPV. Kutil kelamin terdiri dari pertumbuhan benjolan atau pembengkakan berwarna pada daging atau abu-abu kecil seperti kembang kol dan beberapa benjolan terlalu kecil dapat dilihat dengan mata telanjang.

Benjolan ini bisa muncul di sekitar skrotum, anus, dan penis pria, atau vulva wanita, serviks, vagina atau anus. Penyakit ini tidak terlalu berbahaya, atau non-kanker, namun beberapa jenis bisa menjadi kanker pada waktunya.

Ada kemungkinan HPV tidak menunjukkan gejala. Pada beberapa kasus penderita penyakit kutil kelamin tidak mengalami gejala apapun selama bertahun-tahun, akan tetapi penyakit kutil kelamin akan muncul sekitar 3 bulan setelah penderita terinfeksi. Berikut fakta mengenai kutil kelamin, ialah:

  1. Kutil kelamin menular.
  2. Mereka disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) yang menginfeksi kulit.
  3. Faktor risiko terbesar untuk penyakit kutil kelamin adalah seks tanpa kondom.
  4. Beberapa merespons pengobatan gonore topikal dengan baik.

Pengobatan Kutil Kelamin Pada Pria

Krim topikal bisa menghilangkan sebagian besar kutil kelamin, dengan cara obat dioleskan langsung ke kulit. Dokter  medis klinik pandawa hanya akan merawat pasien yang memiliki kutil yang terlihat. Jenis pengobatan tergantung pada lokasi kutil kelamin pada pria, jumlah kutil, dan munculnya kutil. Perawatan yang efektif untuk menghilangkan kutil kelamin:

  1. Obat topikal: Krim atau cairan dioleskan langsung ke kutil selama beberapa hari setiap minggu. Bisa diberikan di rumah atau di klinik. Pengobatan bisa berlanjut selama beberapa minggu.
  2. Cryotherapy: Kutil dibekukan, seringkali dengan nitrogen cair. Proses pembekuan menyebabkan luka melepuh di sekitar kutil. Saat kulit sembuh, lesi meluncur turun, membiarkan kulit baru muncul. Terkadang dibutuhkan perawatan berulang.
  3. Elektrokauter: Arus listrik digunakan untuk menghancurkan kutil, umumnya dengan anestesi lokal.
  4. Pembedahan: Kutil dipotong, atau dipotong. Anestesi lokal akan digunakan.
  5. Perawatan laser: Sinar cahaya yang intensif menghancurkan kutil.

Perawatan tidak menyakitkan namun terkadang menimbulkan rasa sakit dan iritasi hingga 2 hari. Orang yang mengalami ketidaknyamanan setelah perawatan dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit over-the-counter (OTC) untuk menghilangkan rasa sakit.

Orang yang mengalami rasa sakit dengan mandi air hangat dapat membantu meredakan ketidaknyamanan atau mengurangi rasa sakit. Setelah mandi, area yang terkena harus dikeringkan sepenuhnya.

Pasien sebaiknya tidak menggunakan minyak mandi, sabun, atau krim sampai setelah perawatan selesai. Pengobatan OTC yang ditentukan untuk kutil non-genital tidak sesuai untuk pengobatan kutil kelamin. Kutil kelamin umumnya akan sembuh tanpa pengobatan.

Namun, beberapa presentasi kutil kelamin pada pria tumbuh dan berkembang biak jika dibiarkan saja.Mengobati kutil kelamin sangat mengurangi risiko penularan.Untuk menghindari penyebaran kutil kelamin, penting bagi orang yang aktif secara seksual untuk melakukan tindakan pencegahan.