Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

cara menghilangkan kutil kelaminCara menghilangkan kutil kelamin atau kutil lunak seperti daging tumbuh yang pertumbuhannya muncul pada alat kelamin yang disebabkan oleh virus yang sama menyebabkan kutil pada bagian tubuh lain, virus papilloma atau HPV.

Kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual yang membawa serta mempengarungi risiko kanker serviks bagi wanita. Ada lebih dari 70 jenis HPV dan beberapa berhubungan dengan kutil kelamin. HPV nampaknya tumbuh dengan baik didaerah genital yang lembab dan kutil yang muncul pada alat kelamin bagian luar mudah dikenali.

Kutil kelamin tumbuhnya sering berkelompok tapi bisa juga tumbuh satu per satu. Saat kutil kelamin tidak diobati kadang-kadang hilang dengan sendirinya namun dengan cepat bisa membesar seperti kembang/ bunga kol atau jengger ayam termasuk masalah kulup panjang. Pada wanita Human Papilloma Virus bisa menyerang vagina dan leher rahim (serviks) dan sering kali tidak mudah terlihat tanpa menggunakan alat khusus.

Kutil kelamin dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks dan penting agar kondisi ini didiagnosis dan diobati secepatnya. Adapun cara menghilangkan kutil kelamin dengan langkah pap smear biasa diperlukan untuk mendeteksi HPV atau perubahan abnormal lainnya yang mungkin terkait dengan virus.

Menariknya wanita yang memiliki HPV dan herpes menempatkan kutil kelamin pada risiko yang lebih besar untuk kanker serviks. Wanita yang memiliki kutil kelamin mungkin mengalami pendarahan vagina abnormal yang tidak berhubungan dengan periode menstruasi setelah melakukan hubungan seksual.

Kutil kelamin mungkin memiliki kelembaban yang meningkat didaerah pertumbuhan atau keputihan yang meningkat. Pria mungkin mengalami gatal didaerah penis, skrotum atau anus. Selain itu, ada juga cara menghilangkan kutil kelamin dengan memilih perawatan bedah termasuk cryosurgery, elektrokauterisasi, terapi laser atau punch biopsi.

Seseorang yang telah terkena kutil kelamin harus memberi tahu pasangan seksualnya dan pasangan seksualnya juga harus diperiksa oleh dokter sehingga jika kutil kelamin ditemukan, pengobatan dapat dimulai sedini mungkin. Setelah perawatan awal, dokter akan menjadwalkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa kutil kelamin tidak tumbuh lagi.

Wanita yang memiliki penyakit kutil kelamin dan wanita yang pasangannya memiliki penyakit kutil kelamin harus melakukan pap smear setidaknya setahun sekali. Jika seorang wanita memiliki penyakit kutil kelamin pada serviks/ leher rahim, maka disarankan untuk melakukan pap smear setiap tiga sampai enam bulan setelah perawatan awal.

Adapun cara menghilangkan kutil dengan operasi pembedahan kutil bisa menghilangkan kutil tapi metode ini tidak menyingkirkan virus HPV yang menyebabkan kutil itu tumbuh. Banyak metode pemindahan ini menyebabkan jaringan parut dan kutil sering tumbuh kembali karena pengobatannya di klinik kulit dan kelamin.

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Dengan Pengobatan Khusus

Ada dua jenis cara menghilangkan kutil kelamin atau pengobatan utamanya:

  1. Mengoleskan krim atau lotion ke kutil (pengobatan topikal)
  2. Menghancurkan jaringan kutil dengan cara membekukan, memanaskan atau mengeluarkannya (ablasi fisik)

Sebagian besar perawatan topikal cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih lembut, dan ablasi fisik cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih keras dan kasar. Terkadang, kombinasi perawatan topikal dianjurkan.

Bagi beberapa orang, pengobatan bisa memakan waktu beberapa bulan untuk menghilangkan kutil, jadi penting untuk bersabar.  Ada beberapa perawatan topikal yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil kelamin, diantaranya:

  1. Operasi Laser
    • Operasi laser juga merupakan perawatan khusus. Mungkin dianjurkan sebagai cara menghilangkan kutil besar yang tidak dapat diobati dengan menggunakan metode ablasi fisik lainnya karena sulit diakses, seperti kutil jauh didalam anus atau uretra (tabung yang menghubungkan kandung kemih ke penis atau vulva, yang dilewati urine)
    • Selama prosedur ini, ahli bedah akan menggunakan laser untuk membakar kutil. Bergantung pada jumlah dan ukuran kutil, operasi laser dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum. Seperti jenis pengobatan ablasi lainnya, Anda harus mengalami rasa wakit dan iritasi ditempat kutil yang dioperasi. Prosedur bengkel las tersebut bisa dilakukan secara cepat dalam¬†satu sampai du hari kedepan.